Jumat, 02 Desember 2011

PIDATO





          Kewajiban seseorang setelah beriman Kepada Allah dan Rasulnya, adalah berbakti kepada kedua orang tua. Orang tua adalah orang yang telah melahirkan kita kedunia ini, mereka yang telah membesarkan, menjaga, dan mendidik kita dengan penuh kasih sayang, sejak dalam kandungan hingga dewasa.

          Allah swt menjelaskan kepada kita alasan mengapa seorang anak wajib berbakti kepada kedua orang tuanya, ibu yang telah mengandung kita selama Sembilan bulan dalam keadaan lemah dan bertambah lemah, ketika tiba waktu melahirkan maka taruhannya adalah nyawa. Karena banyak ibu-ibu yang meninggal dunia ketika melahirkan seorang anak. Maka Rasulullah mengatakan, bahwa seorang ibu yang meninggal dunia ketika melahirkan adalah syahid, dan dijamin masuk surga jika beriman kepada Allah.

          Setelah melahirkan ibu merawat kita dengan penuh kasih sayang, dipenuhi segala kebutuhan sampai kita beranjak besar, dan membekalinya dengan pendidikan yang terbaik, diajarinya akhlak yang terpuji. Dicarikannya lembaga pendidikan yang bermutu, semua itu orang tua lakukan dengan harapan ia menjadi anak yang beriman kepada Allah dan rasulnya berbakti kepada kedua orang tua, dan berguna bagi nusa dan bangsa.

          Betapa besar jasa orang tua kepada anaknya, hingga Allah menjadikan mereka sebagai bagian dari dirinya.
Sebagaimana Hadits nabi yang berbunyi :




Artinya : “Ridho Allah tergantung pada Ridho kedua orang tua, dan murka Allah tergantung pada murka kedua orang tua”.

Dari hadits ini dapat kita simpulkan bahwa berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban bagi seorang anak. Dan seorang anak harus berbuat baik dan mendapatkan ridho orang tuanya, jika ingin memperoleh ridho Allah SWT.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan lebih dan kurang saya mohon maaf.

Hadanallahu Waiyyakum Ajma’iin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tambahkan komentar anda