Rabu, 07 September 2011

BADAN-BADAN KERJA SAMA EKONOMI ANTAR NEGARA


BADAN – BADAN KERJA SAMA EKONOMI ANTAR NEGARA

            Kerjasama ekonomi antar negara terwujud dan berkesinambungan apabila disadari saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Negara-negara yang ingn mewujudkan masyarakat adil dan makmur serta mengatasi keterbatasan. Pemenuhan ekonominya dapat membentuk suatu organisasi atau forum kerja sama antar negara-negara. Badan-badan kerjasama tersebut mengatur dan memfasilitasi berbagai kegiatan para anggotanya dalam rangka mencapai tujuan bersama.
            Secara umum badan-badan kerjasama ekonomi antar negara dikelompokkan dalam badan kerja sama ekonomi multi internal berikut penjabarannya.
a.       Badan Kerjasama Ekonomi Regional
Adapun badan kerjasama ekonomi regional meliputi badan atau organisasi berikut :
1)      Association of soutelipast Asian Nations (ASEAN)
ASEAN merupakan organisasi kerjasama negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Organisasi ini memiliki semboyan “Mitreika Satata” hormat menghormati antar negara. Saat ini keanggotaan ASEAN hampir mencakup semua negara-negara dikawasan Asia Tenggara. Tujuan ASEAN yang berkaitan dengan bidang ekonomi tergambar pada poin berikut ini.
a)      Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan kebudayaan dari wilayah ini melalui usaha-usaha bersama
b)       Meningkatkan kerjasama secara aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik ilmu pengetahuan, dan administrasi.
c)      Bekerja sama secara efektif dalam memanfaatkan  bidang-bidang pertanian da industri, perluasan perdagangan termasuk studi-studi masalah-masalah perdagangan.
Salah satu kesepakatan ASEAN dalam bidang ekonomi, khususnya perdagangan adalah tercetusnya common effective prefemetartal tariff (CEPT), yakni perjanjian tentang keseragaman tarif umum dalam rencana perdagangan  bebas di kawasan Asia Tenggara dalam jangka waktu tersebut.



2)      Asean Free Trade Area (AFTA)
AFTA adalah kawasan perdagangan bebas di Asia Tenggara dibentuk pada bulan Januari 1992 dan berangggotakan negara-negara yang tergabung dalam  ASEAN dan tujuan  membangun kekuatan ekonomi atau pembangunan di kawasan ASEAN.

3)      European Free Trade Association (EFTA)
EFTA merupakan asosiasi perdagangan bebas diantara negara Eropa didirikan pada 3 Mei 1965 dengan negara-negara anggota Austria Denmark, Denmark,Pinlandia, Inggris, Islandia, Norwegia, portugal, Swedia, Swiss dan Liechenstien, Kini EFTA beranggotakan 4 negara yakni Irlandia, Liechenstein, Norwegia dan Swiss

4)      North American Free trade trade Aggreement (NAFTA)
NAFTA merupakn hasil perjanjian bersama dalam bidang perdagangan  bebasa antara negara Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Dibentuk pada 12 Agustus 1992 dengan tujuan  untuk menghilangkan  hambatan-hambatan perdagangan meningkatkan investasi diantara negara anggota, dan berupaya menarik investor secara multi lateral.

5)      Latin American Integration Association (LAIA)
LAIA merupakan organisasi kerjasama perdagangan bebasa antarnegara di Amerika latin yang berdiri pada thuan 1980. LAIA bertujuan  mencipatakan peragangan bebas di kawasan Amerika Latin. Kantor pusatnya di Montovideo, uruguay. Anggotanya meliputi Argentina, Brasil, Chili, Meksiko, paraguay, Peru, Uruguay, Bolivia, kolombia, venezuela, dan Kuba.

6)      Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)
APEC merupakan bentuk kerjasama ekonomi dikawasan Asia pasifik yang didirikan pada bulan desember 1989 di Canberra, Australia. Tjuan utama APEC adal;ah meningkatkan kerjasama dalam bidang perdagangan dan Investasi Adapun kerjasama dibidang investasi dilakukan dalam bentuk pemberian kesempatan  kepada negara-negara di kawasan Asia Pasific untuk melakukan investasi yang saling menguntungkan  pada pada awal pembentukkannya APEC baru memilki 12 negara anggota yangterdiri atas 6 negara di Asia- Pasific dan 6 negara ASEAN. Sejak tahun 1992 keanggotaan APEC telah mencapai 21 negara.


7)      European Union (EU)
EU Merupakan organisasi antar pemerintahan dan  supranasional yang terdiri dari anggota-anggota Eropa. Cikal bakal terbentuknya EU atau Uni Eropa yakni sebuah organisasi kawasan Eropa dengan nama European Economic Community ( EEC) didirikan di Roma (italia) per 25 Maret 1957. Tujuannya adalah menghilangkan  berbagai hambatan hambatan perdagangan di Negara-Negara anggota dan membentuk pasar bersama hingga 1 Januari 2007, EU telah memiliki 27 Negara anggota.

8)      Asian Development Bank (ADB)
Bank yang berkedudukan  di Manila ini dikenal  dengan nama Bank pembangunan Asia, dibentuk pada Desember 1963 di Manila. Tujuannya memberikan pinjaman dana dan bantuan teknik kepada negara-negara di Asia yang sedang membangun.























1.      Apa yang di maksud dengan asean?
Jawab : Merupakan organisasi kerjasama negara-negara di kawasan asia tenggara
2.      Sebutkan tujuan dibentuknya LAIA
Jawab : Menciptakan perdagangan bebas dikawasan Amerika latin
3.      Sebutkan nama semboyan asean?
Jawab : Mitraka satata
4.      Apakah yang dimaksud dengan EU?
Jawab : EU merupakan organisasi antar pemerintahan dan supra nasional yang terdiri dari anggota –anggota eropa
5.      Apakah tujuan didirikan EEC?
Jawab :tujuannya adalah menghilangkan berbagai hambatan perdagangan di negara-negara anggota dan membentuk pasar bersama.
6.      Tujuan didirikan ADB?
Jawab :memberikan pinjaman dana dan bantuan teknik kepada negara-negara asia yang sedang membangun.
7.      Apakah yang dimaksud dengan AFTA
Jawab : AFTA adalah kawasan perdagangan bebaas di asia tenggara
8.      Apakah tujuan didirikan AFTA
Jawab : Tujuannya adalah membangun kekuatan ekonomi atau pembangunan di kawasan asean
9.      Sebutkan badan kerjasama regional
Jawab : - Association of soutneast asian nations (ASEAN)
             - ASEAN free tonde area (EFTA)
             - European free tonde association (EFTA)
             - North american free tonde agreement (NAFTA)
             - Latin american intergration association (LAIA)
             - Asia fasifikaconomic ceoperation (AFEC)
             - European union (EU)
             - Asian development bank (ADB)
10.  Tanggal berapa AFTA didirikan?
Jawab : Tanggal 3 mei 1960
11.  Kerja sama ekonomi akan terwujud apabila..............
Jawab : Di sadari saling membutuhkan dann saling menguntungkan
12.  Apakah yang dimaksud dengan NAFTA
Jawab : Merupakan hasil perjanjian bersama dalam bidangperdagangan bebas antar negara Amerika Serikat, meksiko, dan kanada.
13.  Negara-negara apa saja yang termasuk dalam AFTA
Jawab : Austria, Denmark, Finlandia, Inggris, Islandia, Norwegia, Portugal Swedia, Swiss dan liehtestan.
14.  Berapa negara yang menjadi anggaota APEC
Jawab : Yang menjadi anggota APEC  adalah 12 negara
15.  Dimana dan tanggal berapa asean didirikan ?
Jawab : Di bangkok, 8 agustus 1967










2 komentar:

  1. kerjasama ekonomi meningkatkan perekonomian

    BalasHapus
  2. info menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    BalasHapus

tambahkan komentar anda